Customer Service

Senin-Minggu 07.00-21.00
Untuk Konsultasi Klik Gambar Di Bawah Atau Melalui Telepon 082.219.300.567
PESAN SEKARANG
Customer Service Customer Service
Untuk Pembelian Klik Gambar Di Bawah Atau Melaui SMS 081.222.486.487
PESAN SEKARANG
PESAN SEKARANG PESAN SEKARANG

JASA PENGIRIMAN

POS:
TIKI:
JNE:
 

PEMBAYARAN


No Rek : 0100-01-002658-53-6
A/N : Beni


Informasi Penyebab Kanker Serviks Dan Ciri Cirinya

Penyebab kanker serviks dan ciri cirinya, kanker serviks adalah tumor ganas yang tumbuh didalam leher rahim atau serviks yang terdapat pada bagian terendah dari rahim yang menempel pada puncak vagina. ( Diananda,Rama, 2009 ). World Health Organization (WHO) menyatakan bahwa penyakit kanker merupakan masalah kesehatan di berbagai Negara termasuk Indonesia. Berdasarkan data Globocan, International Agency for Research on Cancer (IARC) tahun 2002, Di Indonesia, hasil pemeriksaan patologi menyatakan lima kanker terbanyak adalah kanker leher rahim, payudara, kelenjar getah bening, kulit dan nasofaring (Harianto, 2004).
Kaitan hormon-hormon tertentu dengan perkembangan kanker tertentu telah terbukti. Hormon bukanlah karsinogen, tetapi dapat mempengaruhi karsinogenesis. Hormon dapat mengendalikan atau menambah pertumbuhan tumor. Dasar pemberian terapi hormon dan beberapa terapi pembedahan-hipofisioktomi dan ooferoktomi adalah prinsip karsinogenesis ini Juga telah terbukti bahwa jaringan yang responsive terhadap endokrin-seperti payudara, endometrium, dan prostat tidak memperoleh kanker, kecuali jika distimulasi oleh growth-promothing hormone. Estrogen telah dikaitkan dengan adenokarsinoma pada vagina, payudara, uterus, dan tumor hepatic (Mary 2008).

Penyebab Kanker Serviks

1)      HPV ( Human Papiloma Virus ) HPV adalah virus penyebab kutil genetalis ( Kandiloma Akuminata ) yang ditularkan melalui hubungan seksual. Varian yang sangat berbahaya adalah HPV tipe 16, 18.

a.       Timbulnya keganasan pada binatang yang diinduksi dengan virus papiloma.

b.      Dalam pengamatan terlihat adanya perkembangan menjadi karsinoma pada kondilom akuminata.

c.       Pada penelitian 45 dan 56, keterlibatan HPV pada kejadian kanker dilandasi oleh beberapa faktor yaitu: epidemiologic infeksi HPV ditemukan angka kejadian kanker serviks yang meningkat.

d.      DNA HPV sering ditemukan pada Lis ( Lesi Intraepitel Serviks )

2)      Merokok

Pada wanita perokok konsentrasi nikotin pada getah servik 56 kali lebih tinggi dibandingkan didalam serum, efek langsung bahan tersebut pada serviks adalah menurunkan status imun lokal sehingga dapat menjadi kokarsinogen infeksi virus.

3)      Hubungan seksual pertama dilakukan pada usia dini ( kurang dari 18 tahun).

4)      Berganti - ganti pasangan seksual.

5)      Suami atau pasangan seksualnya melakukan hubungan seksual pertama pada usia 18 tahun, berganti - berganti pasangan dan pernah menikah dengan wanita yang menderita kanker serviks.

6)      Pemakaian DES ( Diethilstilbestrol ) pada wanita hamil untuk mencegah keguguran.

7)      Pemakaian Pil KB.

Kontrasepsi oral yang dipakai dalam jangka panjang yaitu lebih dari lima tahun dapat meningkatkan resiko relatif 1,53 kali. WHO melaporkan resiko relative pada pemakaian kontrasepsi oral sebesar 1,19 kali dan meningkat sesuai dengan lamanya pemakaian.


Ciri ciri atau gejala kanker serviks 

Pendarahan tak normal 
Wanita yang memiliki kanker serviks biasanya mengalami pendarahan yang tak normal pada bagian vagina. Dalam sebulan, pendarahan bisa jadi parah atau hanya sedikit.

2    Keputihan parah
Terjadinya keputihan yang cukup parah. Hal ini tentu saja berbeda bagi tiap wanita. Beberapa bisa mengalami keputihan yang berbau tak sedap, tebal, atau sangat berlendir. Jika Anda mendapati keputihan yang tak biasa sebaiknya segera periksakan diri ke dokter kandungan.

     Nyeri panggul
Seseorang bisa saja mengalami nyeri panggul saat mengalami menstruasi. Hal ini normal. Namun Anda harus waspada jika nyeri panggul terjadi di saat-saat lainnya. Wanita yang memiliki kanker serviks biasa mengalami nyeri panggul selama berjam-jam. Rasa sakit sakit bisa berupa nyeri yang tajam, ringan, atau sangat parah.

    Nyeri saat buang air kecil
Merasa sakit dan nyeri saat buang air kecil bisa dirasakan penderita kanker serviks stadium lanjut. Hal ini biasa terjadi jika kanker serviks telah menyebar ke kandung kemih.

5    Pendarahan saat tidak menstruasi, setelah seks, atau saat pemeriksaan panggul
Terjadinya pendarahan saat berhubungan seks atau pemeriksaan panggul adalah salah satu gejala kanker serviks. Hal ini disebabkan oleh iritasi pada leher rahim selama beraktivitas. Meski begitu, ada banyak hal yang bisa menyebabkan pendarahan setelah aktivitas atau seks pada wanita.

Source
http://naiawicaksono.blogspot.co.id/2014/02/makalah-kanker-serviks.html
http://haerulanwar6.blogspot.co.id/2014/11/makalah-kanker-serviks.html


 

'

'

' Silahkan Di Bagikan Jika Artikel Ini Bermanfaat.